Telp : 0294 - 382 234 Fax : 0294 - 384 384 email : [email protected]
Responsive image


Card image cap

2019-12-18 08:00:55 admin

Ka"bah

Ka’bah atau disebut juga Baitullah (rumah Allah) adalah bangunan paling suci umat Islam yang menjadi kiblat kaum muslimin ketika melakukan Sholat dan menjadi bangunan yang dikelilingi saat melakukan thawaf. Seperti firman Allah SWT, “Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadat) manusia, ialah Baitullah di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia” (Qs. Ali Imran: 96).

Awal pembangunan Ka’bah dipercaya oleh kaum muslimin dibangun oleh para malaikat kemudian diteruskan oleh Nabi adam dan anaknya nabi sys. Setelah melewati berbagai masa kemudian tibalah masa nabi Ibrahim dan anaknya Ismail yang melanjutkan pembangunan Ka’bah dengan meninggikan dasar – dasar bangunannya.

Seperti pada firman Allah SWT, “Dan (ingatlah), ketika Ibrahim meninggikan (membina) dasar-dasar Baitullah bersama Ismail (seraya berdoa): “Ya Tuhan Kami terimalah daripada Kami (amalan kami), Sesungguhnya Engkaulah yang Maha mendengar lagi Maha Mengetahui” (Qs. Al-Baqarah: 127). Sekitar lima tahun sebelum masa kenabian nabi Muhammad SAW, Ka’bah direnovasi oleh kaum Quraisy karena adanya banjir yang melanda kota Mekkah pada saat itu.

Seiring berjalannya waktu, Ka’bah yang dahulu merupakan tempat ibadah ajaran tauhid (Islam) nabi Ibrahim menjadi kuil persembahan bangsa arab yang di dalamnya di letakkan banyak berhala pada masa jahilliyah. Kemudian setelah Nabi Muhammad SAW membebaskan kota Mekkah tanpa pertumbahan darah, Rasulullah SAW membersihkan isi ka’bah dari berhala dan kembali menjadi rumah ibadah agama Islam.

(Sumber Gambar https://merahputih.com/)


Artikel Lainnya
Kredit Bebas Bunga
Lempar Jumrah Jumrah berasal dari bahasa Arab yang berarti batu ...
Kredit Bebas Bunga
Kredit Musiman Solusi Modal Usaha Solusi Modal Usaha Anda. Ayo segera bermitra den...
Kredit Bebas Bunga
Sejarah Haji   ...